Monday 8 February 2016

Begini Cara Jadi Agen Laku Pandai

Muhammad Idris - detikfinance
Jumat, 08/01/2016 17:07 WIB

Magelang -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan bisa menambah hingga 300.000 agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Saat ini, baru 8 bank yang jadi penyelenggara Laku Pandai, dan diharapkan bisa bertambah 17 bank dalam waktu dekat.

Head of Micro Banking PT Bank Sinarmas Tbk, Muktiono Wibowo mengatakan, tak sulit menjadi agen Laku Pandai.

Syarat utama menjadi agen adalah sudah menjadi nasabah simpanan/tabungan reguler di bank tempat calon agen mendaftar.

"Asal dia sudah jadi nasabah, masing-masing berbeda kebijakan. Kalau Sinarmas paling tidak memiliki simpanan minimal Rp 1 juta," jelas Muktiono kepada detikFinance ditemui di peresmian Laku Pandai, Simpanan Pelajar, dan Asuransi Mikro Sinarmas di Terminal Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (8/1/2016).

Dia melanjutkan, syarat tambahan lainnya, calon agen harus memiliki lokasi yang representatif untuk menjalankan Laku Pandai.

Lokasi tersebut bisa berupa warung, tempat laundry, tempat penjualan pulsa, bengkel, dan tempat usaha lainnya.

"Prosesnya tidak lama, kalau sudah terpenuhi nanti harus siapkan perangkat telepon pintar untuk aplikasi yang mengelola penarikan, setoran, cek transaksi, cek saldo dan lainnya dari nasabah," terang dia.

Muktiono melanjutkan, pihaknya juga mempersilakan jika agen Laku Pandai ingin 'nyambi' jadi agen asuransi sekaligus.

Namun, hal tersebut bergantung kebijakan dan produk yang disertakan bank dalam Laku Pandai.

Pada agen Laku Pandai di Bank Sinarmas sendiri, sambungnya, agen tak hanya menjual produk simpanan Laku Pandai, tapi juga jadi corong penjualan asuransi mikro, hingga tabungan pelajar.

Sebagai informasi, hingga akhir 2015, sudah terdapat 8 bank yang telah mengeluarkan produk Laku Pandai yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTPN, Bank BCA, Bank BTN, Bank BNI, BRI Syariah, BPD Kaltim, dan Bank Sinarmas.

Hingga November 2015, implementasi Laku Pandai yang telah didukung oleh 24.865 agen berhasil menjaring 1.094.362 nasabah serta mengumpulkan dana pihak ketiga sebanyak Rp 41,3 miliar.


(drk/drk)

No comments:

Post a Comment